10 Pekerjaan Unik Yang Tidak Kamu Sangka Ada

10 Pekerjaan Unik Yang Tidak Kamu Sangka Ada

Bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja. Mungkin Anda tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan unik yang tak umum muncul di halaman lowongan pekerjaan ini.

Setidaknya ada 10 pekerjaan di dunia yang terbilang unik, tapi bayarannya pun lumayan menarik.

Sebagaimana dikutip dari Economic Times, berikut jenis pekerjaan paling unik di dunia beserta upah yang mereka dapatkan:

1. Tak melakukan apapun
Iya, Anda tak salah baca. Dengan berdiam diri saja, Anda akan dibayar. Pekerjaan ini mungkin akan menjadi incaran hampir seluruh pencari kerja.

Sebuah proyek seni Swedia mendatang akan membayar orang terpilih untuk tidak melakukan apa-apa. Aplikasi ini akan dibuka pada 2025. Kandidat yang dipilih hanya harus masuk dan keluar setiap hari di stasiun kereta api di Gothenburg sampai mereka memutuskan untuk pensiun. Sisanya, terserah mereka mau melakukan apa yang mereka inginkan.

Terlebih lagi, akan ada kenaikan upah tahunan, cuti untuk liburan, dan tunjangan pensiun.

Dengan pekerjaan yang sangat sederhana, upah yang mereka terima sangat mencengangkan, yakni sebesar 2.300 dollar AS atau sekitar Rp 32 juta per bulan.

2. Mengawasi pembuangan sampah dan limbah
Jerman termasuk negara yang sangat serius menangani sampah dan limbah mereka. Mereka bahkan bersedia menyewa "detektif sampah" untuk menyelidiki penyimpangan dalam pembuangan limbah.

Pelanggaran termasuk penggunaan tas yang salah, pembuangan ilegal, membuang barang-barang berbahaya dan membuang sampah pada hari yang tak semestinya.

Para detektif menyaring sampah untuk mengumpulkan petunjuk. Jika perlu, mereka mewawancarai tetangga untuk membuktikan pelanggarannya. Biasanya, surat, kotak kemasan dengan alamat, tagihan belanja, dan sebagainya akan mengandung petunjuk uang mengarah ke pelanggar.

Adapun upah yang diterima detektif sampah adalah 16 euro per jam atau setara Rp 252.000. Jika sehari bekerja 8 jam, berarti mereka bisa meraup sekitar Rp 2 juta per hari, atau Rp 10 juta seminggu. Dalam sebulan Rp 40 juta. Lumayan bukan?

3. Penjaga gagak di Menara London
Ada tujuh gagak yang tinggal di Menara London. Pekerjaan ini mewajibkan pekerjana untuk menjaga ketujuh gagak tersebut. Sebab, ada kepercayaan bahwa jika gagak meninggalkan Menara, Kerajaan Inggris akan jatuh.

Sebagai Master Gagak, penjaganya harus memastikan bahwa semua gagak dirawat dengan baik dan hadir setiap saat.

Untuk pekerjaan ini, mereka diupah 21.000 euro atau sekitar Rp 295 juta per tahun.

4. Penyewaan pacar
Jasa penyewaan pacar ternyata tersedia di Jepang. Layanan ini menjadi sangat populer sehingga pria Jepang menganggap ini sebagai pekerjaan penuh waktu. Pacar bayaran ini harus pergi berkencan dengan wanita itu dan berpura-pura menjadi pacarnya untuk waktu yang dikontrak.

Biasanya layanan berlangsung 2-3 jam. Namun, mereka tetap punya aturan yang tak boleh dilanggar, termasuk berhubungan intim.

Adapun upah yang diterima pacara bayaran ini adalah 5.000 yen atau Rp 628.000.

5. Pura-pura jadi pekerja asing
Pekerjaan unik lainnya ini nampaknya tak terpikirkan bahwa bosa menjadi peluang untuk mendapatkan uang. Perusahaan-perusahaan di China mempekerjakan ekspatriat barat untuk berpura-pura sebagai "kontak asing".

Persyaratan pekerjaan adalah warna kulit putih dan jas yang bagus. Tanggung jawab mereka adalah menghadiri makan malam, berpose untuk foto, dan beramah tamah. Selain gaji, perusahaan yang merekrut juga membayar biaya asrama dan perjalanan.

Bayaran untuj pekerjaan tersebut adalah 16.600 Yuan atau sekitar Rp 34 juta.

Baca juga: Studi Buktikan, Tato Bisa Bikin Seseorang Sukses Raih Pekerjaan

6. Tukang minta maaf
Southwest Airlines telah mempekerjakan Fred Taylor Jr pada tahun 2001 untuk posisi khusus seorang "apologiser". Tugasnya adalah mengirimkan surat permintaan maaf pribadi yang dipersonalisasi kepada banyak penumpang yang dirugikan karena gangguan penerbangan.

Dalam beberapa kasus, dia harus memulai perbincangan yang cair agar penumpang melupakan ketidaknyamanan yang mereka derita. Setelah pensiun, Taylor mengatakan bahwa meminta maaf telah menjadi kebiasaannya yang kedua.

Untuk pekerjaan itu, Taylor dibayar 4.100 dollar AS atau Rp 57 juta per bulan.

7. Dibayar untuk menangis
Pekerjaan unik ini telah diterapkan di beberapa belahan dunia, seperti Mesir kuno, Timur Tengah, dan negara-negara Asia, termasuk India.

Belakangan, tren tersebut menular ke wilayah barat. Pekerjaan ini hanya mengharuskan orang-orang tersebut untuk menangisi orang yang meninggal. Pekerjaan ini dibutuhkan keluarga yang ditinggalkan untuk menunjukkan bahwa banyak yang merasa kehilangan ketika anggota keluarga mereka itu meninggal dunia.

Hanya dengan menangis, orang-orang ini dibayar 100 dollar AS atau Rp 1,4 juta perhari.

8. Pengawas mobil
Pekerjaan yang harus dilakukan pengawas mobil adalah merawat dan mengawasi mobil uang diparkir saat pemiliknya tengah bertugas. Pekerjaan ini mirip seperti tukang parkir, tapi lebih spesifik pada mobil yang diminta diawasi.

Di Kosta Rika, kerap terjadi pencurian dan vandalisme. Oleh karena itu, orang yang disewa harus memastikan bahwa tak ada yang mencuri atau merusak mobil mereka saat ditinggal.

Pekerja tersbeut diupah sebesar 1.000 koloni Kosta Rika atau sekitar Rp 24.000 per jam.

9. Manekin hidup
Bisnis fashion menemukan bahwa manekin hidup yang bisa bergerak dan berpose di etalase toko mereka dapat menarik mata lebih banyak daripada manekin plastik.

Pekerjaan ini akan menjadi peluang besar bagi model amatir. Mereka harus berdiri diam selama 40-45 menit. Manekin hidup menjadi tren umum di kota mode utama seperti Milan, Paris, dan Tokyo.

Adapun upah yang diteruma adalah 70 dollar AS atau Rp 983.000 per jam.

10. Mengasuh panda
Pada 2014, Pusat Penelitian dan Perlindungan Panda Raksasa China mengiklankan “pekerjaan paling menyenangkan”, yakni menjadi pengasuh panda.

Persyaratan pekerjaan termasuk keterampilan menulis dan fotografi, serta beberapa pengetahuan dasar tentang panda. Sontak pekerjaan ini menjadi incaran banyak orang.

Upah yang didapatkan untuk pekerjaan menyenangkan ini adalah 32.000 dollar AS atau hampir Rp 450 juta per tahun.

Baca juga: Proyeksi 2025, akan Muncul 17 Juta Pekerjaan Baru di Indonesia
Previous
Next Post »