5 Cara Menyetrika Yang Membuat Hasil Lebih Sempurna

5 Cara Menyetrika Yang Membuat Hasil Lebih Sempurna

Meski terlihat mudah, butuh teknik khusus dalam menyetrika pakaian.

Melakukannya dengan cara yang salah akan membuat pakaian semakin kusut. Dan tentunya, akan memperburuk penampilan kita saat memakainya.

Karen Tierney dari dry cleaning profesional Jeeves Belgravia, yang telah memegang surat perintah kerajaan untuk layanannya kepada The Prince of Wales selama lebih dari 34 tahun, mengatakan banyak orang yang melakukan kesalahan saat menyetrika.

Menurutnya, menyetrika kemeja adalah hal paling sulit dari semua jenis pakaian. Oleh karena itu, diperlukan teknik khusus saat menyetrikanya. Berikut teknik menyetrika kemeja ala Tierney.

1. Persiapan

Sebelum menyetrika, pastikan kita memiliki semua peralatan yang diperlukan.

Agar hasil menyetrika optimal, kita membutuhkan papan setrika yang kokoh, spray (jika perlu) dan, jelas, setrika. Menggunakan spray akan memberi sentuhan akhir yang tajam pada pakaian kita.

Jika memilih menggunakannya, pastikan untuk menyemprotkannya dengan ringan di permukaan baju sebelum menyetrikanya.

"Pastikan semua kancing di baju terlepas sebelum di setrika, termasuk bagian mansetnya," tambah Tierney.

Menurutnya, ini akan mempermudah kita untuk menjangkau seluruh area pakaian dengan setrika.

Untuk setrika uap, Tierney menyarankan kita untuk mengisinya dengan air suling atau air ledeng sesuai petunjuk dari setrika kita.

Setelah itu, ia menyarankan kita untuk menyetting setrika ke suhu yang tepat dan memeriksa petunjuk label petunjuk perawatan kemeja yang kita setrika.

2. Urutan menyetrika

Tierney menyarankan kita untuk memulai penyetrikaan dari kerah. Pertama-tama setrika bagian bawah dan kemudian pindah ke sisi luar, pastikan untuk bekerja dari tepi luar kerah ke arah tengah.

Kemudian, Tierney menyarankan untuk berpindah ke panel bahu, dengan meletakkan baju ke bagian tepi papan dan memutar setrika saat memindahkannya. Ini akan memastikan setiap langkah dalam penyetrikaan dengan benar dan mencegah kusut.

Setelah itu, kita bisa menyetrika bagian cuff dengan menyetrika bagian dalam terlebih dahulu dan kemudian bagian luar.

Teknik yang sama juga bisa kita terapkan di bagian kerah. Setelah itu, pindah ke bagian lengan baju dengan meletakkannya di papan memanjang dengan cuff yang terbuka menghadap ke atas.

Tierney menyarankan kita untuk menyetrika dengan gerakan menuju arah bawah di sepanjang lengan dari jahitan ketiak ke cuff dengan arah setrika menggunakan gerakan lurus.

"Lalu ulangi ini di sisi lain. Sekarang Setrika bagian belakang band kancing, setrika dari arah atas ke bawah - menyetrika bagian belakang band kancing untuk melindungi kancing-kancing halus dari kerusakan akibat panas yang terjadi," tambahnya.

Setelah itu, kita bisa menyetrika bagian tubuh kemeja, dimulai dengan menempatkan bagian depan kemeja memanjang di papan dan gunakan gerakan lurus untuk menyetrika dari bawah ke atas.

"Pindahkan kemeja ke depan dan di sekitar papan sebelum menyetrika bagian belakang kemeja dengan cara yang sama," ucap Tierney.

Kemudian kita dapat membuka kemeja dan fokus pada bagian dalam, memutar kemeja di sekitar papan saat untuk menghindari kusut.

3. Menghilangkan kusut yang membandel

Jika kita memiliki beberapa lipatan yang susah dihilangkan, Tierney menyarankan menggunakan fitur semburan uap atau semprotan air.

4. Cara menghentikan setrika agar tidak mengeluarkan air

Kadang-kadang setrika uap yang kita pakai menetes dan mengeluarkan cairan alih-alih menghasilkan uap.

Biasanya, ini terjadi karena kita telah mengatur suhu terlalu rendah atau telah mengisi setrika dengan jenis air yang salah.

Untuk itu, baca buku manual intruksi setrika untuk memeriksa apakah perlu diisi dengan air ledeng atau air suling.

Alasan lain yang dapat menyebabkan insiden ini adalah mengisi air melebihi titik maksimumnya, atau tidak membersihkannya dengan baik sehingga menyebabkan penyumbatan pada lubang uap.

5. Sentuhan akhir

Setelah menyetrika, Tierney menyarankan kita agar menyimpan kemeja dengan menggantungnya di hanger.

Lalu lipat kerah ke bawah dan tutup kancing hingga bagian leher tepat untuk menjaga bentuk kerah.

“Periksa kembali kemejanya karena kadang-kadang Anda mungkin melewatkan lipatan kecil,” tambahnya,

Jika demikian, Tierney menyarankan untuk meletakkan area yang kusut di papan dan setrika dengan gerakan ke bawah lipatan untuk menghilangkana area yang kusut itu.

"Jangan pernah tergoda untuk memegang baju itu dan menggunakan setrika uap vertikal untuk menghilangkan lipatan, karena ini hanya akan melemaskan kain yang telah disetrika," ucap Tierney.
Previous
Next Post »