Tips Memilih Menu Sarapan Sehat Bagi yang Sedang Diet Maupun Tidak


Tips Memilih Menu Sarapan Sehat Bagi yang Sedang Diet Maupun Tidak

Semua orang pastinya membutuhkan asupan energi untuk mulai menjalani aktivitasnya bukan, hal ini diawali dengan sarapan sehat . Hanya saja faktanya banyak diantara masyarakat yang melewatkan waktu sarapan mereka dengan beragam jenis alasan, mulai diantaranya adalah tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak atau memang karena tidak lapar. Padahal sebenarnya manfaat dari sarapan ini sendiri sangatlah banyak, sehingga mereka yang sering melewatkannya juga akan merasakan berbagai macam resiko untuk kesehatan tubuh, seperti mudah terkena penyakit lambung hingga mungkin sulit dalam berkonsentrasi.

Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa dengan salah memilih menu sarapan sebenarnya juga memiliki dampak yang kurang bagus bagi kesehatan. Seperti mungkin resiko peningkatan berat badan yang tinggi, karena memang menu yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung karbohidrat atau gula. Kesalahan dalam memilih menu untuk sarapan juga kerap kali menyebabkan seseorang mudah mengantuk, bahkan bisa mengalami masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Lalu sebenarnya seperti apa menu sarapan sehat yang hendaknya dikonsumsi? Untuk itulah maka berikut ini diantaranya beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih menu sarapan setiap hari yang sehat, yaitu:

  1. Utamakan bahan makanan yang kandungan proteinnya tinggi, dibandingkan dengan karbohidrat nyatanya protein ini jauh lebih diperlukan untuk makan pagi atau sarapan, dengan tujuan nantinya akan mencegah terjadinya resiko obesitas atau kegemukan hingga berujung pada penyakit gula darah. Protein sangat bagus di dalam menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan juga untuk pembentukan sel-sel yang baru. Dengan sarapan protein juga akan membuat Anda kenyang lebih lama, meskipun porsi yang dikonsumsi sebenarnya sedikit.

  2. Pilih karbohidrat sehat, jika memang ingin mengkonsumsi karbohidrat sebagai menu untuk sarapan, maka harus selektif di dalam memilihnya, jangan asal dalam mengkonsumsi semua jenis karbohidrat, apalagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Hendaknya cari alternatif karbohidrat kompleks yang akan diserap lebih lama oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah, hal ini terdapat dalam beras merah, kemudian beras hitam, beras coklat dan juga gandum.

  3. Hindari menu makanan yang digoreng, hendaknya jika ingin tubuh tetap sehat dan tidak mengalami peningkatan berat badan, apalagi bagi yang tengah menjalani program diet, lebih dianjurkan untuk mencari alternatif menu makanan yang diolah tanpa digoreng, misalnya adalah dengan direbus atau di tumis. Makanan yang digoreng memang menawarkan rasa yang lebih gurih nikmat, namun kandungan lemaknya juga kurang sehat.

  4. Usahakan juga untuk menghindari jenis makanan yang terlalu manis, boleh mengkonsumsi sandwich, namun hendaknya pilih isian yang tidak banyak mengandung gula, karena inilah yang akan mempercepat peningkatan berat badan. Utamakan untuk mengkonsumsi sandwich atau roti isi dengan isian daging ataupun juga sayuran yang jauh lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan selai atau mungkin coklat.

Mudah bukan pilah-pilih menu sarapan sehat untuk setiap hari. Sehingga tidak ada alasan juga bagi Anda yang tengah menjalankan program diet sehat tidak sarapan, karena sebenarnya boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan di pagi hari, bahkan sebenarnya sangatlah dianjurkan, hanya saja harus lebih selektif dalam pilah-pilih jenisnya. Begitu juga bagi mereka yang tidak sedang menjalani program diet, maka tetap harus memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, sehingga bisa tetap sehat dan berat badan tetap terjaga ideal.


Previous
Next Post »