Ciri-ciri Cacar Air dan Langkah Pertolongan Pertamanya



Penyakit cacar merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh virus, diantaranya adalah virus Varicella Zoster yang menjadi penyebab cacar air. Ciri-ciri cacar air ini adalah kulit penderitanya akan muncul ruam kemerahan yang berisi cairan, terasa gatal juga pada bagian tersebut. Bahkan kondisi tersebut juga berpotensi untuk menular pada orang-orang yang ada di sekitarnya, apalagi jika seandainya daya tahan tubuh tidak kuat, maka kemungkinan untuk tertular juga sangatlah tinggi. Itulah mengapa penderita cacar air ini sebaiknya diisolasi di rumah.

Umumnya penyakit yang satu ini memang paling rentan menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun. Apalagi jika memang daya tahan tubuh atau sistem imunitas sedang lemah. Selain itu ternyata ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab anak-anak mudah terserang cacar air, diantaranya adalah:

  1. Belum mendapatkan imunisasi cacar, pada saat masih bayi biasanya mereka sudah harus mendapatkan vaksinasi cacar ini, sehingga nantinya tidak akan terserang, atau paling tidak hanya akan mengalami sekali dalam seumur hidup.
  2. Bermain atau melakukan kontak dengan penderita cacar air, apalagi pada dasarnya anak kecil memang belum mengerti akan resiko terserang penyakit semacam ini.

Berikut ini diantaranya ada beberapa gejala dari penyakit cacar air ini yang hendaknya harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Demam, karena memang tubuh tengah terserang oleh virus, sehingga tidak dapat dipungkiri jika seandainya sistem kekebalan tubuh akan berusaha bekerja untuk melawannya, hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan suhu badan, menjadi lebih tinggi, namun penderitanya justru akan merasakan kedinginan.
  2. Nafsu makan menjadi turun, sebelum munculnya ruam atau lenting yang berisi cairan tersebut, umumnya 1 atau 2 hari sebelumnya penderita akan mengalami penurunan nafsu makannya.
  3. Rasa sakit kepala, membuat penderitanya akan kesulitan di dalam melakukan aktivitas.
  4. Kelelahan, mudah sekali capek, padahal tidak melakukan kegiatan yang berat sama sekali, ada rasa kurang enak badan.
  5. Mulai muncul bintik-bintik mereka yang berisi cairan, setelah melewati 3 hari dari fase utama tersebut, biasanya penderita cacar air akan mulai merasakan munculnya lentingan merah.
  6. Munculnya lepuhan-lepuhan kecil yang ada di bagian ruam merah tersebut, disertai dengan keluarnya cairan, cairan ini yang nantinya akan membuat muncul lentinga atau bintik-bintik merah yang baru.
  7. Mulai timbul kerak, menutupi bagian lepuhan yang telah rusak, ini sudah masuk ke fase penyembuhan penyakit tersebut.

Lalu apa yang nantinya harus dilakukan ketika terkena penyakit cacar air ini? jangan panik berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Segera turunkan panas atau demam, diantaranya adalah dengan mengonsumsi obat penurun panas yang banyak dijual di pasaran.
  2. Isolasi, jangan biarkan pasien tersebut berada di luar atau nantinya akan menularkan penyakit cacar air.
  3. Istirahat, kemudian langkah lainnya adalah dengan beristirahat untuk memulihkan energi, juga agar sistem imunitas kembali kuat untuk melawan voirus penyebab cacar tersebut.
  4. Jangan menggaruk bagian yang gatal dan berbintik tersebut, biarkan saja. Jika agar sakit maka konsumsi obat pereda nyeri.
  5. Segera bawa ke dokter, jika seandainya kondisinya semakin parah maka bisa langsung dilakukan pengobatan ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Itulah setidaknya ciri-ciri cacar air dan juga beberapa upaya pertolongan pertamanya, jangan anggap remeh penyakit ini, karena dulunya pernah masuk sebagai salah satu wabah mematikan.


Latest
Previous
Next Post »